Saturday 19 October 2013

Sehat dengan Mudah dan Murah

Sehat itu murah! Nggak percaya?Sehat bukan berarti menghabiskan uang
Dasar untuk mencapai hidup sehat sebenarnya sederhana: pola makan sehat, olahraga rutin, serta manajemen stres.untuk bahan makanan eksotis yang mahal ataupun untuk keanggotaan gym lengkap dengan personal trainer. Gaya hidup sehat pun bisa didapatkan dengan biaya yang terjangkau, dan tentunya tidak merepotkan. Dengan 3 dasar tersebut, hidup sehat akan lebih mudah dicapai. Tapi bagaimana untuk mencapainya dengan lebih murah? Coba simak penjelasannya di bawah ini.
Makan Sehat Dengan Murah
Bahan makanan sehat tidak selalu mahal. Beberapa bahan makanan sehat yang bisa didapatkan dengan murah dan mudah di pasar tradisional ataupun supermarket adalah:

1.Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan seperti kacang merah dan kedelai kaya serat dan protein serta memiliki kadar glikemik indeks rendah, sehingga membuat Anda kenyang lebih lama. Kacang-kacangan juga bisa disajikan dalam berbagai cara, misalnya dalam sup, salad, atau ditumis bersama sayuran lain.


2.Telur
Kandungan protein pada telur jelas bermanfaat bagi tubuh. Makanan ini juga bisa disajikan dengan berbagai bentuk, baik untuk sarapan, makan siang, atau makan malam.

3.Ikan
Ikan jelas lebih sehat dibandingkan daging merah. Kandungan nutrisi seperti protein dan asam lemak memiliki banyak manfaa
t bagi kesehatan. Ikan seperti salmon dan tuna memang cenderung mahal. Tapi ikan seperti bandeng dan ikan kembung yang lebih murah juga bernutrisi tinggi,lho.


3.Pisang
Buah ini bisa dibilang buah super, karena kandungan serat dan nutrisinya tidak main-main. Selain itu, pisang juga murah dan mudah didapat. Lebih hebat lagi, pisang mudah dibawa karena memiliki ‘kemasan’-nya sendiri.


4.Sayuran hijau
Sayuran hijau seperti kangkung dan bayam termasuk murah, mudah dimasak, dan bergizi. Rendah kalori, kaya serat, dan kaya vitamin dan mineral. Jelas sehat! Selain lebih sehat, memasak sendiri jelas lebih murah dibandingkan membeli makanan di restoran. Jadi dengan bahan yang sehat serta pengolahan yang tepat, sehat dengan lebih murah pun bisa didapat.


 5.Olahraga Sederhana
Belakangan ini memang semakin banyak gym alias klub kebugaran dengan berbagai penawaran menarik yang bisa didapatkan di Indonesia. Tapi olahraga tidak harus di gym, kan? Masih banyak cara berolahraga lain yang lebih murah, misalnya jogging keliling kompleks rumah di pagi atau sore hari, atau bersepeda dari dan ke kantor.
Anda yang lebih suka aerobik pun bisa mengikuti video aerobik dari YouTube. Selain itu, tahukah Anda kalau pekerjaan rumah tangga pun membakar kalori? Pekerjaan rumah tangga seperti menyapu (membakar 240 kalori/jam) dan memasak (membakar 150 kalori/jam) tidak kalah dengan olahraga rutin di klub kebugaran.
Manajemen Stres
Tidak cuma kesehatan fisik yang perlu Anda jaga. Kesehatan mental pun perlu Anda perhatikan. Apa gunanya tubuh yang sehat kalau Anda merasa depresi? Karena itu, jangan lupa meluangkan waktu dari kesibukan kerja untuk melakukan hal yang membuat Anda merasa senang, misalnya melakukan hobi yang Anda sukai, atau berjalan-jalan bersama keluarga.
Jalan-jalan-nya juga tidak harus keluar negeri, kok. Jalan-jalan bersama ke taman atau museum juga bisa menyenangkan. Yang penting adalah melupakan tekanan yang Anda rasakan, karena pekerjaan ataupun masalah lain.
Sehat tidak harus mahal, kan? Yang penting adalah Anda tetap disiplin menjalankan 3 dasar hidup sehat ini, maka kesehatan Anda pun akan lebih mudah terjaga. Siap hidup sehat dengan mudah dan murah?


Sumber:
http://brighterlife.co.id/2012/09/05/4-cara-agar-tetap-sehat-dengan-cara-yang-mudah-dan-murah/?category-ref=how-to-be-happy
http://www.rd.com/slideshows/6-household-chores-that-burn-major-calories/
http://recipes.howstuffworks.com/menus/10-healthy-cheap-foods8.htm
http://www.webmd.com/food-recipes/features/cheap-healthy-15-nutritious-foods-about-2-dollars

No comments:

Iklan